Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow

Nah, Pemprov Kaltim Minta PI Blok Mahakam 19 %

ENERGIPOS.COM, BALIKPAPAN--Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutei Kartanegara (Kukar) tak puas mendapat Participating Interest (PI) 10 % dalam blok Mahakam. Mereka minta ditambah menjadi 19 %.

Permintaan itu disampaikan dalam pertemuan antara Menteri ESDM Sudirman Said dengan Gubernur Kaltim Awang Farouk dan Bupati Kukar Rita Widyasari di Balikpapan, Kamis malam (25/6/2015) hingga Jumat dini hari (26/6/2015).

Peningkatan angka PI salah satu dari sepuluh harapan Pemrov Kaltim yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. "Gubernur Kalimantan Timur menyampaikan 10 harapan terkait dengan pengelolaan blok migas di Kalimantan Timur,” ujar Sudirman Said usai pertemuan. Jumat (26/6/2015) dini hari.

Menurut Menteri Sudirman, pemerintah pusat bersedia dialog guna membahas permintaan tersebut. Namun ditekankan bahwa berapapun besaran yang nantinya akan disepakati maka seluruh besaran PI harus jatuh ditangan pemda.

Selain itu juga diungkapkan bahwa pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara diberikan keleluasaan untuk menentukan mitra yang paling menguntungkan bagi daerah.

Kepada Pertamina dan Pemerintah Daerah wajib memprogramkan dan membangun jaringan pipanisasi gas dan pasokan gas kedaerah-daerah di wilayah Provinsi Kaltim khususnya di sentra-sentra industri termasuk pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga.(mt/*)

Baca Juga