Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow

Turun, Harga Minyak Mentah Sentuh 59,63 USD/Barel

ENERGIPOS.COM,JAKARTA--Harga minyak mentah kembali tertekan hingga menyentuh angka 59,63 USD/barel. Penurunan terjadi menyusul khabar cadangan minyak AS menembus 84 juta barel atau tertinggi selama lima tahun terakhir.

Kantor berita Bloomberg, Sabtu (27/6/2015) menyebutkan tekanan juga dipicu oleh perkembangan dari Iran. Negara para Ayatollah itu makin moderat sikapnya terhadap tekanan negara barat.

Teheran memberikan sinyal bahwa pengembangan teknologi nuklir semata-mata hanya untuk kepentingan damai, khususnya pembangkit listrik. Negara ini memberikan jaminan pengembangan senjata nuklir telah ditinggalkan.

Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei juga meminta sanksi yang diberikan kepada negaranya harus segera dicabut. Dengan demikian, Iran bisa mengespor minyak dua kali lipat, dari sekitar 1 juta barel per hari dalam waktu 6 bulan.

Perkembangan di Iran ini ikut membuat harga minyak pada 26 Juni 2015 turun 0,12 % menjadi 59,63 USD per barel dari harga sebelumnya 59,70. Sebelumnya, pada 24 Juni 2015 harga minyak masih sebesar 60,27 USD per barel.(mt)

Baca Juga