Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow

Merger PGN dengan Pertagas Masih Wacana

ENERGIPOS.COM, JAKARTA--Khabar penggabungan atau merger antara PT PGN Tbk dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) masih sebatas wacana. Sehingga belum akan terjadi dalam waktu dekat.

"Kita belum membahas soal merger PGN dengan Pertagas. Hal itu masih butuh pertimbangan matang. Jadi masih lama itu," ujar Tanri Abeng, Komisaris Utama PT Pertamina menjawab pertanyaan ENERGIPOS di Jakarta, kemarin.               

Menurut Tanri, merger ataupun akuisisi PGN tidak sederhana. Apalagi PGN saat ini sudah menjadi perusahaan yang go public, jadi ada saham masyarakat dalam BUMN yang bergerak dalam bisnis retail gas bumi ini.

Meski demikian, Tanri mengungkapkan dalam jangka panjang penggabungan itu bisa saja terjadi. Sebab Pemerintah tengah menyiapkan BUMN holding yang khusus bergerak dalam bidang energi.

"Jadi konsepnya semua perusahaan energi akan disatukan. Ini bertujuan membangun kekuatan," papar Tanri Abeng yang juga mantan Menteri BUMN pertama ini. Kekuatan itu baik finansial, teknologi maupun sumber daya manusia.

Indonesia, papar Tanri, butuh BUMN energi yang kuat. Sehingga bisa memiliki daya tawar jika bekerjasama dengan perusahaan energi asing untuk mencari sumber energi guna memenuhi kebutuhan energi domestik yang semakin meningkat.(mt)

Baca Juga