Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow

Wow, Transaksi Bisnis Hulu Migas Capai Rp 195 T/Tahun

ENERGIPOS.COM,JAKARTA--Nilai transaksi bisnis hulu migas setiap tahun menembus angka 15 miliar USD atau sekitar Rp 195 triliun. Selama ini sebagian besar menggunakan mata uang USD atau dollar AS.

"Secara umum lebih dari separoh transaksi tersebut potensial dikonversikan ke rupiah," kata Sudirman Said, Menteri ESDM di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (1/7/2015). Hal itu terkait dengan ketentuan kewajiban penggunaan rupiah.

Seperti diketahui Peraturan Bank Indonesia No. 17/3/PBI/2015 tentang kewajiban penggunaan rupiah di dalam negeri. Pemerintah membidik transaksi bisnis hulu migas juga beralih menggunakan rupiah.

Menurut Sudirman selama ini sebagian besar transaksi di industri migas menggunakan mata uang asing, terutama dalam pembelian/sewa barang dan jasa hulu migas. Bahkan termasuk menggaji tenaga kerja asing (ekspatriate).

"Selama ini transaksi menggunakan mata uang asing. Padahal transaksi barang dan jasa ini dilakukan antar sesama badan usaha Indonesia," ujar Sudirman. Dia berharap sebagian beralih menggunakan rupiah bagi perusahaan domestik.

Hanya saja tidak semudah membalik tangan untuk mengalihkan transaksi dari USD ke rupiah. Bahkan Sudirman mengatakan butuh waktu minimal 6 bulan, sebagai masa transisi penggunaan rupiah dalam belanja di dalam negeri.(mt)

Baca Juga