Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow
HoA Diteken November 21015

Gandeng JX Nippon, Pertamina Genjot Kilang Balikpapan

ENERGIPOS.COM, BALIKPAPAN--PT Pertamina memilih menggandeng JX Nippon Oil & Energy, untuk menggarap proyek peningkatan kapasitas pengolahan kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur. Keduanya sepakat berbagi saham.

Menurut Direktur Pengolahan PT Pertamina (persero) Rachmad Hardadi, Head of Agreement (HoA) antara Pertamina dengan JX Nippon diteken November 2015 nanti. Pertamina tetap mayoritas 70 persen sedang JX Nippon 30 persen saham.

"November ditandatangani. Nanti detilnya akan jadi cetak biru untuk memesan peralatan peralatan. Dan untuk kerjakan ini butuh waktu 2 tahun. Tapi akan compress sampai 1,5 tahun," ujar Rachmad saat di Unit Refinery V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (2/7/2015).

Setelah penandatanganan HOA antara Pertamina dan JX Nippon, kemudian akan dilanjutkan dengan menyelesaikan basic engineering design (BED), front end engineering design (FEED), hingga final investment decision (FID) pada 2016.

 

Tahapan berikutnya adalah menyeleksi kontraktor hingga pelaksanaan enginering procurement and construction dengan target selesai 2018 hingga 2019. Kilang tersebut direncanakan menghasilkan produk BBM dengan spesifikasi Euro IV yang mengandung sulfur dan emisi berstandar dunia.

"Crude saat ini masih cocktail crude, namun masih sweet. Tapi nanti (melalui RDMP) akan dihasilkan sour crude dengan 2 - 2,3 sulfur. Artinya semua crude dari seluruh penjuru dunia mampu diolah di sini," ujar Rahmad.

Pelaksaaan RDMP, kapasitas kilang di Balikpapan akan naik dari 220.000 barel per hari (bph) menjadi 360.000 bph. Rencananya, kompleks perumahan pegawai akan disulap menjadi bagian dari kilang pengolahan. Pegawai naik dua kali.(mt)

Baca Juga