Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow

Abadi Poernomo Sebut Jenis Mesin Jadi Hambatan Konversi BBG

ENERGIPOS.COM,JAKARTA--Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Abadi Poernomo menilai jenis atau spesifikasi mesin kendaraan menjadi hambatan konversi BBM ke BBG. Saat ini sebagian besar mesin kendaraan dirancang untuk BBM.

"Jadi untuk mesin kendaraan yang dirancang pembakarannya dengan BBM maka jaminan service dari dealer hilang saat menggunakan BBG," ujar Abadi Poernomo kepada ENERGIPOS, Senin malam (13/7/2015) di Jakarta.

Ditemui usai acara buka puasa bersama yang diadakan DEN, Abadi Poernomo mesin yang dirancang pembakarannya menggunakan BBM akan mengalami panas yang berlebihan saat berganti dengan BBG. Ini jaminan service tak berlaku.

Namun, menurut dia, sebenarnya saat ini produsen Honda sudah bisa membuat mesin kendaraan yang bisa menggunakan BBM sekaligus BBG tanpa konverter. Namun harganya memang lebih mahal.

"Harganya lebih mahal sekitar Rp 20 juta. Inilah yang membuat pengelola taksi maupun moda transportasi umum masih enggan menggunakan karena investasinya lebih mahal," ujar Abadi Poernomo.(mt)

Baca Juga