Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow

Gandeng PT Jakpro, Pertamina Bangun PLTG di Pulau Seribu

ENERGIPOS.COM,JAKARTA--PT Pertamina menggandeng PT Jakpro (BUMD Pemprov DKI Jakarta) untuk membangun PLTG di pulau Seribu. Listrik yang dihasilkan untuk memasok kebutuhan listrik di pulau yang masuk wilayah ibukota ini.

Selain itu, duet antara Pertamina dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakara juga siap membangun infrastruktur energi ibukota. Antara lain pembangunan SPBG, jaringan gas kota serta penggunaan produk refrigerant ramah lingkungan pada pilot project program green building.

Penandatanganan naskah kerjasama ditandatangani oleh Direktur Utama Dwi Soetjipto dan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Selasa (14/7/2015) di kantor pusat Pertamina. Kerjasama ini menindaklanjuti kesepakatan bulan lalu.

"Kami senang kerjasama seperti ini. Kami perlu PLTG nanti kami akan punya 7 koridor light rail transit (LRT), butuh listrik jelas?," ujar Gubernur Ahok. Kebutuhan listrik untuk moda transportasi masal itu cukup besar.

Selain itu, Pertamina juga akan membangun 22 SPBG diwilayah ibukota. Selain untuk bus Trans Jakarta, Taksi dan Bajaj juga untuk melayani kendaraan pribadi yang menginginkan menggunakan gas sebagai bahan bakarnya.

Selain itu Pertamina juga diminta membangung jaringan gas kota. Ahok mengatakan semua rusun di ibukota akan dialihkan menggunakan gas sebagai bahan bakar rumah tangga. Ini bisa menghemat sekitar 40 persen dibanding tabung gas.

Dwi Sutjipto mengatakan, Pertamina siap untuk menyediakan kebutuhan energi bagi warga DKI Jakarta. Terutama untuk program konversi BBM ke BBG maupun energi terbarukan. Selain menghemat biaya juga menekan emisi gas karbon.

"Bagaimanapun juga kita memiliki keterbatasan terhadap suplai bahan bakar minyak. Mau tidak mau pasti kita harus berubah dari minyak ke gas karena cadangan minyak berkurang," papar Dwi Soetjipto.(mt)

Baca Juga