Energipos.com/Migas/Bisnis

shadow
Gandeng Pertamina dan PGN

Pemerintah Percepat Bangun Jaringan Gas

ENERGIPOS.COM, Jakarta--Menggandeng PT Pertamina dan PT PGN Tbk, pemerintah mempercepat pembangunan jaringan gas untuk 25 kota. Targetnya bisa diwujudkan 5 tahun ke depan.

Dua BUMN energi ini akan ditugaskan membangun infrastruktur jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga. Tugas ini merupapkan bagian pelaksanaan program konversi BBM ke gas bumi.

"Pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga ke depan akan dilakukan secara masif dan difokuskan ke kota-kota yang telah siap menjadi kota gas," kata Menteri ESDM Sudirman Said di Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Sebagaimana di paparkan dalam situs KESDM, Sudirman mengungkapkan hingga akhir 2014, Jargas telah dibangun di 11 provinsi meliputi 21 kota. Dari total 203.100 sambungan sebanyak 89.459 sambungan dibiayai APBN, sisanya non APBN.

Jargas yang dibangun dengan dana APBN berada di 19 kota dan 10 kota, di antaranya yang telah mengalir berjumlah 54.740 SR. Sementara itu, sebanyak 34.719 SR belum mengalir. Sementara jargas dari non APBN, hampir semuanya mengalir.

Sudirman meminta kota-kota yang telah siap untuk menyiapkan faktor sosial, kelembagaan dan kepemimpinan. Dia mengapresiasi Walikota yang bisa mengkondisikan warganya untuk mendukung program konversi.

Pada 2015, Kementerian ESDM akan membangun jaringan gas di Lhoksukon dan Pekanbaru, masing-masing sekitar 4.000 SR. Dari non APBN, akan dibangun sebanyak 4.600 SR oleh Pertamina di Prabumulih dan Jambi.

Sementara itu, PGN akan membangun 15,000 SR di 9 kota yaitu Surabaya, Sidoardjo, Pasuruan, Cirebon, Palembang, Jabodetabek dan Medan. Selama ini PGN juga sudah dikenal mengelola gas rumah tangga untuk sejumlah kota.(mt)

Baca Juga