Energipos.com/Migas/Proyek

shadow

PGN Kebut Pembangunan Pipa Gas di Jatim

ENERGIPOS.COM, JAKARTA- Jawa Timur merupakan kawasan dengan kebutuhan gas yang akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan sektor industri.  PGN siap memasok kebutuhan gas di wilayah tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT PGN Tbk saat ini sedang menyelesaikan pembangunan pipa distribusi gas bumi sepanjang 72 kilometer di Jawa Timur.

Menurut Sekretaris Perusahaan PT PGN, Heri Yusup (7/7), pembangunan pipa gas tersebut akan menambah  ketersediaan jaringan pipa PGN di Jawa Timur yang saat ini sepanjang 829 kilometer.  Secara nasional, panjang pipa PGN saat ini lebih dari 6.100 kilometer atau 70% dari pipa hilir gas bumi di seluruh Indonesia.

Masih menurut Heri, pembangunan pipa gas baru itu terdiri dari tiga jalur distribusi yaitu Kejayan-Purwosari sepanjang 15 km di Area Pasuruan, Kalisogo-Waru  sepanjang 30 km di Area Sidoarjo, dan Jetis-Ploso  sepanjang 27 km di Area Sidoarjo. Pencapaian pekerjaan fisik pipanisasi Kejayan-Purwosasi  pada akhir Juni 2015 sudah mencapai  sekitar 86 persen. Pipa distribusi gasbumi berkapasitas 5 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) itu akan melayani pelanggan di bagian  selatan Kabupaten Pasuruan.

Sementara  untuk Jalur Jetis-Ploso, pencapaian pekerjaan sampai dengan akhir Juni sebesar 37 persen. Jalur ini akan digunakan untuk melayani kebutuhan industry di sekitar wailayah tersebut seperti industri pakan, makanan, keramik dan industri baru lainnya.  

“Sedangkan untuk jalur pipa Kalisogo-Waru  akan digunakan untuk meningkatkan kehandalan jaringan distribusi ” ungkap Heri.  Menurut Heri, hingga saat ini PGN Regional Distribution II (Jawa Timur -Jawa Tengah) telah melayani 9 kawasan industri dengan jumlah pelanggan industri sebanyak 118 perusahaan.

“Konsumsi gas bumi untuk 9  kawasan tersebut mencapai 28 MMSCFD dan akan menghasilkan  efisiensi biaya energi Rp 2,06 triliun per tahun dibandingan penggunaan solar” jelas Heri (bh).

Baca Juga